tulisan

Senin, 06 Mei 2013

Macam Proses Bayi Tabung dan Hukumnya

Saat ini telah munculnya kecanggihan yang dapat digunakan untuk mengatasi kendala-kendala kehidupan. Salah satunya adalah kesulitan memiliki anak dengan berbagai faktor. Tapi, kadang-kadang mempengaruhi teknologi canggih etika Islam. Kemungkinan kehamilan dipengaruhi oleh usia dan tingkat FSH basal. Secara umum, semakin muda semakin baik hasilnya. Kemungkinan kehamilan juga tergantung pada jumlah embrio yang ditransfer. Meskipun mereka meningkatkan jumlah embrio yang ditransfer akan meningkatkan kemungkinan kehamilan, tetapi kemungkinan kehamilan kembar dengan masalah yang terkait dengan kelahiran prematur juga greather. Pemahaman dari perempuan mandul tidak mampu menjadi hamil karena indung telur mereka rusak dan tidak dapat menghasilkan telur. Sementara itu, makna ketidaksuburan bagi pria tidak mampu menghasilkan kehamilan karena testis tidak dapat menghasilkan sel sperma sama sekali. maka beberapa diantara mereka ada yang menggunakan metode bayi tabung.

A. JENIS PROSES BAYI TABUNG

                 1.  Pemupukan Terpisah dari hubungan suami-istri.
Teknik IVF memisahkan suami kopulasi - istri embrio fertilisasi. Dengan teknik ini, pembuahan dapat dilakukan tanpa hubungan seksual.

2.       Sewa untuk Anak Mengandung wanita.
Ada kemungkinan bahwa benih dari suami - istri tidak dapat ditransfer ke dalam rahim istri, karena ada masalah kesehatan atau alasan - alasan lain. Dalam hal ini, akan membutuhkan wanita lain yang disewa untuk membawa anak bagi pasangan sebelumnya. Dalam rahim perjanjian sewa ditentukan banyak persyaratan untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terkait. Wanita yang menyewa rahimnya biasanya membutuhkan jumlah uang yang sangat besar. Suami - istri bisa memilih seorang wanita menyewa : muda, sehat dan memiliki kebiasaan sehat dan kehidupan yang baik. Praktek-praktek seperti biasanya tidak ada ketentuan hukum, sehingga ketika muncul kasus bahwa perempuan dipekerjakan untuk mempertahankan bayi itu dan menolak untuk membayar uang, maka pasti sulit untuk diselesaikan.
Masalah ini dihadapi ketika salah satu dari suami atau istri mandul, dalam arti bahwa sperma suami dan istri tidak mengandung benih untuk pembuahan. Itu berarti bahwa benih pengganti steril harus ditemukan melalui donor.
Masalah ini akan menjadi lebih sulit karena sudah masuk unsur baru, yang merupakan benih orang lain. Pertama, jika pemupukan dilakukan antara sel-sel sperma dari istri orang lain sebagai donor perlu diketahui atau disembunyikan identitasnya. Jika dia tahu orang itu, mungkin ada bahaya untuk mencari hubungan pribadi dengan orang itu. Ketiga, apakah donor adalah seorang pria perlu tahu kepada siapa benih telah disumbangkan. Ada banyak masalah lain yang bisa timbul.
1.       Munculnya Bank Sperma
Praktek IVF juga membuka peluang untuk pembentukan bank - bank sperma. Pasangan tidak subur yang bisa menemukan sperma subur dari bank - bank. Bahkan, orang bisa menjual - membeli sperma-sperma dengan sangat mahal seperti benih seorang pemenang Nobel di bidang kedokteran, matematika, dan lain-lain. Praktek bank sperma adalah karena lebih jauh dari teknik bayi tabung. Sekarang bukan menyimpan bank sperma dan perdagangan mereka seolah - olah itu adalah sebuah objek benih manusia ekonomis.
Pada tahun 1980 bank-bank sperma Amerika telah memiliki 9 non komersial. Sementara bank - bank sperma komersial untuk tumbuh dengan cepat. Perempuan yang ingin pembuahan buatan dapat memilih dari banyak kemungkinan sperma yang tersedia lengkap dengan kualitas intelektual dari pemilik data. Identitas donor dirahasiakan oleh rapi dan diberitahukan kepada wanita yang membawanya, kepada pihak berwenang atau orang lain.
2.        Induk Masalah Anak IVF atau bayi tabung sebagai hukum
Bayi-bayi yang berasal dari sperma suami - istri, tapi dikandung dan dilahirkan oleh seorang wanita disewa untuk mengajukan pertanyaan siapa orang tua dari bayi. Bisa dikatakan bahwa orang tua bayi adalah pasangan yang memiliki sperma. Namun perempuan juga telah menyewa menyumbangkan darah dan daging selama kehamilan bayi. Ini terjadi bahwa seorang wanita tidak ingin kembali bayi sewaan telah dikandung dan dilahirkan. Orang tua bayi menuntut agar pengadilan, tetapi hukum yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut belum dibuat. Bila benih diambil dari donor, maka pertanyaan juga timbul dari siapa orang tua bayi. Pada orang tua biologis bayi adalah donor yang telah memberikan sperma mereka, tetapi secara hukum, orang tua anak itu adalah orang tua yang menerima dan membesarkan keluarga. Yang disebut orang tua? Orang tua biologis atau orang tua yang sah. Sebelum teknik bayi tabung, orang tua biologis adalah orang tua legal.

B. LEGALISASI (dalam HUKUM)
           Studi In Vitro Fertilization di Islam, harus dinilai melalui metode ijtihad umum digunakan oleh para ahli ijtihad hukum ijtihad sesuai dengan prinsip-prinsip dan semangat Al Qur'an dan Hadits untuk muslim. Bayi tabung pasangan bisa dilakukan jika dari sel-sel sperma dan ovum suami istri sendiri dan tidak ditransfer embrio ke dalam rahim wanita lain, termasuk istrinya sendiri yang lain (bagi suami poligami), maka Islam membenarkan, baik dengan mengambil sperma suami dan kemudian disuntikkan ke istri, atau dengan cara pembuahan dilakukan di luar rahim, dan kemudian ditanamkan ke dalam rahim istrinya, dari keadaan kondisi yang relevan dengan suami dan istri benar-benar membutuhkan inseminasi buatan untuk memiliki anak, karena dengan pembuahan alami, orang tua tidak dapat memperoleh anak.
            Menurut Al-Qur'an Surah Al-Isra ayat 70
Artinya: Dan sesungguhnya kami telah muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan laut, kami memberi mereka rezeki dari hal-hal yang baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan dari makhluk yang paling sempurna yang telah Kami ciptakan.
            Buatan inseminasi donor pada dasarnya sejajar dengan merendahkan martabat manusia dalam inseminasi hewan.
Hadis Nabi:
Tidak halal bagi orang yang beriman kepada Allah dan hari Akhir air penyemprotan (sperma) pada tanaman orang lain (pria lain istri Vagina). Hadits Riwayat Abu Daud, Tirmidzi dan Al-Hadits dianggap otentik oleh Ibnu Hibban.
                Dengan hadits ini ulama sepakat melarang seseorang untuk menikah / berhubungan seks dengan wanita hamil dari orang lain yang memiliki ikatan pernikahan yang sah.
Dalam masalah kuno IVF / inseminasi buatan belum terjadi, sehingga kita tidak memperoleh fatwa hukum dari mereka. Kami menyadari bahwa inseminasi buatan / fertilisasi in vitro dengan donor sperma atau ovum manfaat membawa lebih banyak komplikasi.


Referensi : 
http://tauvhk.wordpress.com/2008/11/17/bayi-tabung-dalam-persepsi-islam/
http://konsultasi.wordpress.com/2007/01/13/bayi-tabung/
http://shohwatulislam.multiply.com/journal/item/16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar